SINDORO : Wasn't Just Another Mountain to Hike Skip to main content

SINDORO : Wasn't Just Another Mountain to Hike

Pertemuan gua dan Sindoro bisa dibilang cukup ajaib dibandingkan gunung-gunung lain. Waktu itu seorang teman sekampus, namanya Regita, secara random ngechat dan ngajakin nanjak Sindoro. Gua diminta gantiin adiknya yang batal ikut trip dari Backpacker Jakarta (BPJ) karena ada agenda dari sekolahnya, sementara uang pendaftaran trip ga bisa direfund. Regita ga mau kalau nanjak sendiri. Dia bilang sayang kalo sampai hangus dan gua bilang iya bener banget. Tanpa pikir panjang, gua iyakan tawaran tersebut. Jarang-jarang kan ada rejeki nanjak gratis gini.

Singkat cerita, sebulan kemudian, gua tiba di basecamp Sindoro via Kledung. Siang itu langit emang agak mendung karena Maret intensitas hujan masih cukup tinggi. Gua optimis Tuhan bakal ngabulin permintaan untuk nunda hujannya selama gua nanjak. Namun, gak lama kemudian hujan turus derrrrres banget. However the show must go on! Setelah nunggu hujan reda, rombongan yang terdiri dari sekitar 30an orang itu berangkat.

Salah satu signature dari Sindoro adalah ojegnya. Yes! Dari pos 0 sampai 1,5 ada ojeg yang bakal nganterin kita. Ongkosnya 25 ribu saja per orang. Begitu keluar pintu basecamp, kami langsung dirubung abang ojeg yang mangkal. Ada seorang abang ojeg yang mendekati gua dan Regita dan tanpa pikir panjang kami mengiyakan untuk naik ojeg abangnya. Kalian ga salah baca kok. Kami, berdua, dibonceng abangnya sekaligus. Dengan motor bebek, ban standar, dan shock breaker yang signifikansinya diragukan, kami bertiga membelah perkebunan warga. Ajaibnya abang ojeg kami gak gentar meliuk-liukan stang motor yang cocoknya ada di jalan beraspal itu. Kecepatan konstan 40-50 kmh dan tetep segitu walaupun lagi ngelewatin jalan yang ga rata. Gua dan gita cuma bisa komat-kamit swearing, berdoa, dan excited bersamaan. Sesekali kaki gua kena knalpot tapi ga terasa karena perhatian gua terpusat buat pegangan ke abangnya. Ga lucu kan kalo sampai jatoh waktu lewatin jalan berlubang.

Awalnya jalan masih coran, terus berubah jadi batu, dan pada akhirnya berupa tanah saat kami mulai memasuki hutan. Tanah yang baru kesiram hujan udah jadi lumpur. Bisa dibayangkan kami harus melewati jalan lumpur, menanjak, dan semotor bertiga. Abang ojeg ga berhenti nyalain klakson. Jalan belok-belok bikin kita ga bisa liat motor lain yang datang dari arah sebaliknya. Motor harus sekali gas saat naik, jangan sampai ngerem atau akibatnya motor bakal mundur, ga kuat nanjak. Walaupun agak tegang, tapi gua yakin kalau abangnya cukup skillfull untuk nganterin kami sampe tujuan meskipun keliatan abangnya juga tensed banget. Di suatu tanjakan, tiba-tiba gua disuruh turun karena motor abangnya ga kuat nanjak. Gua harus jalan sampai ngelewatin tanjakan. Gua nurut aja daripada kenapa-kenapa. Saat itu gua kepikiran buat minta diskon karena service abangnya ga optimal, tapi ga jadi karena ga tega.

Pendakian dimulai saat semua orang sampai pos 1,5. Seperti biasa, gua jadi orang paling akhir di rombongan. Baru jalan bentar, napas gua udah krisis. Mendekati pos 2 hujan turun, deres banget. Kami langsung melipir buat pakai lagi jas hujan yang sempet dilepas. Sepanjang jalan yang ada di pikiran gua adalah "gila ini vibenya kaya di jurassic park! Hujan-hujanan di hutan, jalan naik turun, becek, gelap, kurang t-rex aja nih". Sebelum pos 2, trek masih bersahabat. Masih banyak bonus dan ga terlalu terjal. Menuju pos 3, jeng jeng jeng! Tangan mulai ikutan kerja ngebantu badan naik. Batu-batu besar sisa muntahan gunung mulai menghiasi di sepanjang jalan. Gua dapet tips dari Gita kalau pas nanjak, kalian jangan liat ke atas karena bakal bikin kalian stres duluan ngeliat jalurnya. Terjal, berbatu, dan pedes banget buat paha. Jadi jalanin aja dikit-dikit, nanti juga nyampe pelaminan, eh.

Hujan ga berhenti total, sesekali gerimis sampai kami tiba di pos 3, pos tenda. Angin kencang ditambah kabut yang tebal banget dan gerimis lucu menyambut kami. Baju yang udah basah kena keringat bikin udara jadi kerasa dingin BANGET! Gua yang ga kuat dingin langsung cari tempat anget. Beruntung ada warung Mbah Kuat yang surprisingly jadi tempat bernaung yang anget banget walaupun tanpa tembok. Posisinya yang ada di turunan bikin warung Mbah ketutup dataran yang lebih tinggi. Karung-karung pasir dan terpal plastik jadi tembok sederhana di sekeliling warung.

Seorang teman, namanya Wenny, ngajak kita untuk cari tenda. Ternyata gak ada tenda vacant yang bisa kami diriin. Karena udah ga kuat dingin, gua random aja ajak Gita dan Wenny masuk sebuah tenda. Untungnya itu tenda anggota rombongan kami juga, di dalamnya ada Bang Hans dan Bang Andre. Gak lama kemudian, Wenny yang inisiatif banget nekad keluar buat nyari tenda bareng Gita. Gua yang lemah ini cuma stay di tenda sambil menggigil. Iya i know gua mau enaknya aja tapi gua ga mau sampe hipo dan malah ngerepotin orang. I know my limit. Hujan masih deres dan angin kenceng sesekali berhasil bikin tenda kapasitas 3 orang itu goyang. Di dalem tenda, kami bertiga memutuskan buat masak seadanya karena terlalu mager buat keluar makan bareng rombongan. Wenny dan Gita ga tau gimana rimbanya. Mereka ga muncul-muncul. Berhubung salah satu penghuni tendanya bang Hans ga balik-balik lagi, akhirnya gua meminta izin untuk jadi refugee di tendanya menggantikan orang yang ga balik-balik itu. Jadilah kami setenda bertiga. Please don't judge. Dalam keadaan darurat kaya gitu, you have to be more adaptive and easy going. You don't always meet the ideal condition.

Seru banget bisa secara ga sengaja dipertemukan dengan mereka di tenda yang sama. Kami lalu ngobrolin banyak hal, mulai dari sharing pengalaman nanjak, latar belakang masing-masing, ghibahan kampus, dan plan buat besok. Kami bertiga semacam janjian untuk ga summit attack kalau hujan dan pagi langsung turun kalau ga summit. Ternyata eh ternyata Bang Andre adalah alumni UI juga wkwk. Padahal udah sebus, seperjalanan nanjak, seperhujan2an, tapi gua baru saat itu. Saat cerita pengalaman nanjaknya, Bang Hans cerita kalo dia pengen ngerasain nanjak gunung pas hujan-hujan. Now we know whose hope was granted. Ngobrol kaya gini bikin gap di antara kami hilang gitu aja seolah udah kenal dari lama. Perasaan saling bergantung dan saling membutuhkan membuat orang yang mendaki gunung lebih cepat akrab satu sama lain. Itulah daya magis gunung yang bikin gua pengen nanjak lagi dan lagi. Ya walaupun kalau nanjak jadi orang yang paling lemah di rombongan haha.

Bang Andre, Bang Arsal, Raisa, Bang Hans

Setelah makan dan bersih-bersih, kami pun tidur dengan harapan besok subuh hujan udah reda dan bisa summit attack. Semalaman gua ga bisa tidur. Berisik banget kzl. Mungkin karena camping ground yg penuh, jarak satu tenda dan lainnya jadi berdekatan. Suara dari tenda lain jadi kedengeran banget. Semaleman ada orang yang ngobrol lah, ada yang main gitar lah, ada rombongan yang baru dateng trus diriin tenda lah, ditambah lagi tepat di bawah pinggang gua ada batu yang lumayan gede dan itu bikin badan pada sakit. Rasanya seumur-umur gua tidur di gunung, baru kali itu ga bisa nyenyak. Sekitar jam 3 ada yang teriak ngajak rombongan buat summit. Sesuai kesepakatan, kami tetep tidur karena saat itu masih hujan. Ternyata sampai pagi hujan ga kunjung berhenti dan kabut makin tebal. Alhasil sunrise pun ga keliatan. Fix banget nanjak kali ini ga dapet sunrise, matahari, apalagi puncak. Ujian ketulusan buat para pendaki sih.

Sembari nunggu hujan, kami berbenah tenda supaya pas hujan berhenti tinggal bongkar tenda dan chau turun. Kami lalu keluar buat cari gorengan Mbah Kuat. Makanan di tenda udah abis. Ada sih beras, tapi masak nasi di gunung itu susah-susah gampang. Begitu hujan tinggal gerimis-gerimis lucu, sesuai kesepakatan semalem, kami bertiga langsung chus turun duluan ga bareng rombongan. Gua terpaksa meninggalkan Regita karena dia baru aja mulai berbenah tenda, sedangkan gua harus cepet-cepet ketemu kamar mandi. Lagi-lagi Sindoro mencoba memberi kesan yang berbeda. Baru kali itu gua ngerasain turun gunung yang melelahkan (walaupun ga lebih lelah dari Semeru). Biasanya gua enjoy banget kalau turun, ga berasa tau-tau udah sampe. Tapi kali ini gua minta break beberapa kali sebelum akhirnya sampe pos 1,5. Oh iya, pas sebelum berangkat, gua nyium bau kemenyan yang nyengat di sekitar basecamp. Bau yang sama muncul lagi di sekitar pos 1,5 saat kami turun. Di sana udah banyak tukang ojeg yang stand by. Karena masih sepi, kali ini gua naik ojegnya sendiri. Lebih safe dan fun sih walaupun lebih ngeri karena turun ya. Beberapa kali motor agak oleng karena jalan licin. Ternyata gua adalah cewek pertama yang nyampe basecamp, jadi ga usah antre buat mandi. YEAY!!

Pengalaman Sindoro beda banget sih dibandingin pendakian sebelumnya. Baru kali ini gua nanjak diguyur hujan nonstop. Waktu nanjak Prau sempet hujan juga sih, tapi begitu sampe camping ground cerah.
Biasanya gua nanjak bareng rombongan kecil yang isinya 6-8 orang, tapi kali ini gua bareng 30 orang lainnya. Pasti beda banget feelnya. Kalau di grup kecil kan terasa lebih intimate, kita saling jaga satu sama lain. Nilai plus dari ikut rombongan besar begini adalah dapet banyak teman baru.
Biasanya gua nanjak bareng Guru Ucup, kali ini ga ada doi. Sedih sih, gua berasa anak ayam kehilangan induk. Biasanya guru yang ngelead gua, ngejagain, bantu gua bawa ini-itu, tapi kali ini gua harus urus sendiri, harus mandiri. Sebelum nanjak gua bahkan sempet curhat ke doi wkwk manja emang. Untungnya, di perjalanan ada Wenny, Gita, Bang Hans, Bang Andre, dan abang-abang BPJ yang siap nungguin gua break dan nawarin minum saat gua haus. Pengalaman yang berbeda dari Sindoro membuat gua menobatkan Sindoro sebagai "Wasn't Just Another Mountain to Hike".

Popular posts from this blog

5 Cara Menjadi Penganggur Produktif

Menganggur adalah sebuah kondisi saat seseorang tidak memiliki pekerjaan atau kegiatan yang pasti dalam jangka waktu tertentu. Kondisi ini biasanya terjadi saat seseorang baru saja lulus sekolah, lulus kuliah, atau saat keluar dari pekerjaannya. Banyak orang tidak begitu menikmati waktu saat dirinya menganggur. Tekanan ekonomi dan lingkungan sekitar membuat para penganggur berusaha untuk mendapatkan pekerjaan sesegera mungkin. Sebenarnya para penganggur memiliki privilege yang tidak dimiliki para pekerja, yakni keluangan waktu. Sayangnya mereka tidak menyadari hal tersebut sehingga banyak menyia-nyiakan waktu dengan meratapi keadaan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu menganggur agar lebih produktif: 1. Mempelajari ketrampilan baru Bukanlah sebuah dosa untuk memperkaya diri kita dengan banyak ketrampilan seperti memasak, menjahit, membuat desain grafis, atau mungkin menggunakan sepatu roda. Untuk menguasai ketrampilan-ketrampilan tersebut

[ T E N T A N G : MENJADI PENGANTIN ]

Gua nulis ini jam 2.40 dini hari saat gua belum bisa tidur. Di tengah-tengah usaha untuk tidur, banyak pikiran yang lalu lalang yang justru bikin makin susah tidur. Kalian suka gitu juga ga? Mungkin karena gua kurang lelah dan bangunnya terlalu siang, jadi pikiran gua masih on banget. Kayanya ini yang dinamakan jetlag. Agar sesi susah sare (tidur in sundanese) ini lebih berbobot, maka gua putuskan untuk nulis. Bicara soal menjadi pengantin, alias nikah, lagi marak banget jadi bahasan di sekeliling gua. Usia 20an ke atas memang udah masanya untuk menggenapkan separuh agama. Beberapa temen udah ada yang cerita soal keluarga kecilnya, ada juga yang lagi sibuk nyiapin lamaran dan resepsi, sisanya sibuk milih baju buat kondangan. Orang-orang yang terakhir ini biasanya kalo ditanya kapan nikah jawabannya: hilalnya belum keliatan nih, lu duluan aja deh, nyantai aja gua mah, dan masih banyak lagi jawaban way out yang super basi.  Di sini gua ga akan ngebela kaum jomblo yang tekan

Another Miss Lulu

Today a courier came to my house and gave me a packet. He said it's for Miss Lulu. I thought i never ordered something online these few days. It might be my sister's stuff then i received it. It was cash on delivery and i paid. Until i opened the packet. I found it strange. My sist never bought such a thing like this. Then i checked the details on the package. Omg it's not my phone number there. Seems there are two Lulu(s) around my neighborhood. Stupidly i didn't check it before i received (and paid) the packet. I chatted the number of the true Lulu (supposedly). I asked her whether it's hers or not very clearly. It was delivered and seen. But she didn't reply. I chatted her again, but now it's not delivered. The problem is i already paid for it! 😭 I was so angry to myself and the courier. I ended up being the courier after she told me her address. Human might do mistakes, unlikely God. He will give what you really need, although sometimes it&